Tips Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Tips Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien - Tips cara belajar yang efektif dan juga efisien merupakan salah satu belajar yang memang harus dilakukan oleh siswa agar dapat setiap materi yang sudah di sampaikan oleh guru dapat diulang atau dipelajari kembail baik dirumah ataupun belajar secara kelompok dengan rekan sekelas. Tapi bagaiman cara belajar yang efektif dan efisien yang dapat dilakukan oleh siswa atau bisa juga bagi seorang guru?

Tips Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Adapun pekerjaan yang dilakukan menuntut adanya suatu prinsip efektifitas dan efisien. Maka pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan juga efisien akan menghantarkan kita (seseorang) untuk mencapai hasil yang baik dan juga memuaskan.

Pada dasarnya prinsip efektifitas dan efisien sudah pasti memerlukan suatu prosedur atau langkah-langkah tertentu agar setiap apa yang dipelajari dapat memberikan hasil di suatu saat nanti. Begitu juga pula halnya dengan aktivitas belajar seorang siswa. Agar memperoleh hasil belajar atau prestasi belajar yang diinginkan perlu adanya prosedur dan langkah-langka dalam belajar baik secara mandiri ataupun secara kelompok.

Berdasarkan fakta, bahwa semua siswa bisa melakukan aktivitas belajar dengan baik, hanya saja yang menguasi cara belajar yang efektif dan efisien akan meraih hasil belajar yang baik. lalu bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien ini dapat dilakukan? Berikut ini ada beberapa cara atau alternatif yang mungkin dapat diterapkan oleh siswa baik di sekolah ataupu dirumah.
  1. Belajar Pada waktu yang tepat - Artinya setiap aktivitas belajar akan selalu membutuhkan konsentrasi sehingga mudah menyerap materi belajar, ini berarti kegiatan belajar tidak bisa diselingi dengan kegiatan (aktivitas) lain. Oleh sebab itu belajar di rumah dilakukan pada waktu yang memungkinkan untuk belajar, tidak ada keterpaksaan untuk belajar. Carilah waktu belajar yang membuat (kamu ) siswa bisa konsentrasi penuh. biasanya sikap siswa mempunyai waktu yang berbeda dalam belajar.
  2. Belajar Dalam Suasana Nyaman - Tidak mungkin belajar pada suasana yang hiruk pikuk.Oleh sebab itu cobalah ciptakan suasana dan kondisi belajar yang nyaman.Jika tidak memungkinkan di rumah, coba cari tempat lain yang tenang dan nyaman, Misalanya di tempat yang rindag dan hawa sejuk, bebas dari kebisingan.
  3. Belajar dilengkapi bahan dan sumber belajar - Buku catatan merupakan salah satu sumber belajar hasil proses mengikuti KBM, Jadi setiap buku catatan sekolah perlu dilengkap dengan  buku sumber belajar yang relevan. Begitu pula gadget yang memiliki konekasi intennet dapat dipergunakan untuk mencari tahu (informasi) tentang sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran.
  4. Belajar secara rutin - Kebiasaan siswa yang satu ini adalah menumpuknya atau menunda-nudaa untuk belajar sehingga materi pelajaran yang di pelajari menjadi banyak. Atau hanya belajar ketika ada ulangan di sekolah saja. Ini kebiasaan yang baik dan bisa menimbulkan kemalasan untuk belajar di kemudian hari, bahkan bisa menjadi penyakit malas belajar.
  5. Belajar Secara Berkelompok - Belajar berkelompok lebih efektif dari pada belajar sendiri. Dengan berkelompokk dapat saling berdiskusi atau bertukar pikiran mengenal bahan pealajran yang sedang atau akan didiskusikan. Selain itu juga dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dengan anggota kelompok lainnya.
Nah..itulha Tips cara belajar yang efektif dan efisin yang dapat dilakukan oleh siswa, untuk belajar di rumah untuk meraih hasil belajar yang memuaskan dan tentunya baik. Demikianlah semoga dengan tips ini dapat meningkatkan semanga untuk belajar demi cita-cita yang ingin di capai dikemudaian hari.
loading...

0 Response to "Tips Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien"

Posting Komentar