Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 - Galeri Guru

http://www.galeriguru.net | Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 - Galeri Guru | Dalam kesempatan yang cukup baik ini saya sebagai pengurus situs galeriguru.net ini akan sedikit menerangkan atau membagikan beberapa file tentang Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa untuk kelas 10 SMA MA dan SMK dan MAK dari edisi Revisi tahun 2016 yang sebagaiman kita ketahui buku tersebut banyak di butuhkan untuk guru siswa/siswi di satuan pendidikan sekolah/madrasah.

Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 - Galeri Guru

Dari buku pelajaran Bahasa indonesia tertuli dengan tujuan agar para peserta didik memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai kebutuhan. Kegiatan yang di rancang dalam buku ini diharapkan dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat.

Untuk konsep utama pengembangan buku bahasa indonesia ini adalah berbasis Genre yang memiliki keragaman sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikasinya. Setiap jenis kegiatan berbahasa dalam kehidupan sosial memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika tek) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah suatu cara pandang baru tentang Bahasa. Buku ini bahasa efek komunikasinya dan fungsi sosial. Misalnya, jika yang lalu peserta didik belajar menulis surat dengan format standar, tidak terlalu menenkankan isi surat, maka pembelajaran menulis surat sekarang harus dapat berdampak sosial ( menunjukan keperibadian saat menulis surat lamaran pekerjaan, surat yang meyakinkan orang lain). Bahasa dan isi menjadi dua hal yag saling menunjnag. Dan ini bisa sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa yang menonjolkan 4 unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi bahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (coginiton), dan Budaya (culture).

Pengembangan buku bahasa indonesia dilakukan dengan mengacu pada konsep teoretik yang mendasari pembelajaran bahasa terkini. Yaitu content language integrated learning dan prinsip pedagogik berbasis genre. Setiap pelajaran dalam buku bahaasa indonesia ini mencakup :
  1. Penjelasan tentang tujuan, struktur retorika, kebahasaan dan lokasi sosial
  2. Model teks dan telaah meodel tek
  3. Latihan dan tugas
  4. Tugas pengembangan kompetensi
Bahasa Indonesia di Kurikulum 2013
Pengembangan kurikulum, termasuk dalam pelajaran bahasa indonesia merupakan konsekuensi logis dari perkembangan kehidupan dan perkembangan pengetahuan tentang bahasa dan bagaimana cara berbahasa terwujud dalam teori belajar bahasa terkini. Perkembangan teori belajar bahasa berkontribusi terhadap pemahaman tentang hakikat bahasa, hakikat bagaimana manusia belajar dan hakikat berkomunikasi interkultur, dan sekaligus tentang minda manusia itu sendiri yang kesemuanya ini saling berkaitan dan saling berdampak satu sama lainnya. Pemahaman disini adalah untuk peningkatan mutu pembelajaran bahasa indonesia secara berkesinambungan.

Kurikulum bahasa indonesia secara ajeg dikembangkan berdasarkan perkembangan teori tentang bahasa dan teori belajar bahasa yang sekaligus menjawab tantangan kebutuhan zaman. Dimana hal ini dimulai sejak tahun 1984 hingga sekarang ini di kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasiskan kompetensi yang "Outcomes-based curriculum". Oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL. Demikian pula dengan penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang di rancang dalam dokumen kurikulum oleh seluruh guru dari hasil belajar mengajar dengan peserta didik.

Adapun untu karakteristik kurikulum berbasis kompetensi yaitu:
  • Isi atau konten kurikulum adalah kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk kompetensi Inti (KI) mata pelajaran dan dirinci lebih jauh ke dalam kompetensi Dasar (KD)
  • Kompetensi Inti (KD) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetesi yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran
  • Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu mata pelajaran di kelas tertentu
  • Penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan, kognitif, keterampilan psikomotorik dan pengetahuan untuk suatu satauan pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya KD pada suatu mata pelajaran
  • Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan "Disciplinary-based curriculum" atau "Content-based Curriculum".
  • Kompetensi dasar yang dikembangakan di dasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar mata pelajaran
  • Proses pembelajaran didasarkan pada upaya menguasi kompetensi pada tingkat yang memuaskan dengan memerhatikan karakteristik isi kompetensi dimana pengetahuan adalah conten yang berifat tuntas. Keterampilan kognitif dan psikomotorik merupakan kemampuan penguasaan konten yang dapat dilatihkan. Sedangkan sikap adalah kemampuan penguasaan konten yang lebih sulit dikembangkan dan memerlukan proses pendidikan yang tidak langsung
  • Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan.
Pembelajaran bahasa indonesia kelas x
Konseo utama pengembangan buku teks berdasarkan pada cara pandang tentang fungsi bahasa sebagai kegiatan manusia pada umumnya. Kegiatan ini memiliki kekhasan cara pengungkapan dan kebahasaanya. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa eropa dan amerika. Content Language Intergrated Learning yang menonjolkan empat unsur penting sebagai penjamanan pengertian kompetensi berbahasa, yaitu : Isi, Bahasa/komunikasi, kognisi dan budaya.

Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan genre pedagogi. Model pembelajaran bahasa berbasis genre ini mencakup 4 prosedur utama antara lain:
  1. Penentuan konteks teks dan membangun pengetahuan tentang teks yang akan dipelajari
  2. Pemodel dan dekonstruksi
  3. Kontruksi siswa yang dibantu guru dalam berbagai latihan dan tugas hingga menyusun teks sasaran 
  4. Joint construction
Dari tugas dan latihan teks sasaran secara mandiri yang minim bantuan guru (Independent Constrution). Jadi do sini prosedur ini diwadahi dalam bentuk buku teks yang memiliki 4 bagian sama pentingnya yaitu:
  1. Membangun konteks
  2. Pemodelan dan Dekontruksi
  3. Pra-kontruksi
  4. Kontruksi kegiatan dalam setiap prosedur diharapkan bervareasi dan sesuai dengan jenis teks yang dipelajari.
Dari istilah kontruksi bermakna proses menyusun atau mencipatkan hingga menjadi produks kompetensi. Dekontruksi yang dimaksud di sini adalah peserta didik dibekali dengan kompetensi pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana menyusun atau menciptakan teks.  Pada bagian dekonstruksi berupa pemberian informasi tentang teks yang akan dipelajari dan mencermati model teks. Sperti halnya, sesorang yang akan membuat mobil maka dibekali dengan pengtahuan dan pemahaman tentang mobil, termasuk struktur (Kerangka dasar) Mobil cara kerja mesin mobil dan yang lainnya.

Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Penggunaanyapun semakin luas dalam beragam tanah pemakaian, baik secara lisan maupun tulis. Oleh karena itu, kita memerlukan buku rujukan yang dapat dijadikan pedoman dan acuan berbagai kalangan pengguna bahasa indonesia, terutama dalam pemakaian bahasa tulisan secara baik dan benar.

Buku yang diberikan secara gratis ini kepada siswa sangat membantu siswa dalam proses belajar sehingga siswa dengan mudah untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Untuk Selengkapnya anda bisa download sendiri dibawah sudah kami sediakan link untuk mendownload buku bahasa indonesia kelas 10 jenjang SMA MA dan SMK MAK edisi terbaru revisi tahun 2016.


Link Download :
loading...

0 Response to "Buku Bahasa Indonesia Guru dan Siswa Kelas 10 SMA MA SMK MAK Edisi Revisi 2016 - Galeri Guru"

Posting Komentar