Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar

Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar - Pada dasarnya Komputer dapat kita istilahkan dengan kumpulan beberapa perangkat keras, perangkat lunak dan peralatan lainnya yang saling terhubung menggunkan aturan-aturan tertentu dari menerima (Input), mengolah (Proses) dan memberikan (output). Dan kita sebagai pengguna atau user komputer harus bisa mengoprasikan komputer dengan baik dan benar sesuai dengam prosedur.

Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar
Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar
Kita sebagai pengguna komputer juga harus bisa menempatkan peralatan perangkat komputer dengan posisi yang baik agar dalam menggunakan komputer tidak terganggu dengan benda yang ada di sekitarnya. Dan kami pada kesempatan ini akan memberikan tips bagaimana cara mengatur perangkat komputer dengan baik dan benar?. Dengan tips ini mungkin sangat bermanfaat jika kita baru membeli komputer baru dan binggung harus bagaimana menempatkan perangkat-perangkat komputer yang saling berkaitan agar terlihat rapih dan menyenangkan di saat akan atau sedang menggunakannya.

Silhkan baca juga: 5 Dasar Belajar Komputer Atau Lapotp Untuk Pemula

Untuk memulai cara mengatur perangkat komputer dengan baik dan benar, maka kami akan memberikan beberapa point yang berhubungan dengan perangkat komputer agar tertata dengan rapih. Karena perangkat komputer dapat diatur dengan sesuka kita akan tetapi dengan posisi yang baik dan juga benar dalam meletakan perangkat komputernya. Pengaturan posisi yang baik dan benar merupakan cara yang tepat untuk menghindari ketidaknyamanan, bahkan dapat menghindari gangguan kesehatan. Pengaturan tempat kerja dan posisi perangkat kerja yang baik dan benar dapat kami uraikan dibawah ini, silahkan disimak satupersatu agar tidak salah dalam penempatan perangkat komputer kita sendiri.

Berikut tips untuk mengatur perangkat komputer yang dapat kita lakukan sebagai berikut.

1. Tempat Kerja
Hal yang paling utama untuk kita perhatikan adalah dalam pengaturan tempat kerja, karena tempat kerja merupakan ruangan yang utama sebagai awal dimana kita akan meletakan komputer sebagai alat bekerja baik itu di rumah, di kantor ataupun ditempat dimana kita bekerja. Jadi dari tempat kerja ini dapat kita lakukan langkah-langkah untuk menanta perangkat komputer di tempat kerja.
  • Untuk posisi menata perangkat komputer, posisi yang paling nyaman adalah di meja
  • Aturlah meja dengan mempertimbangkan bagaimana perangkat itu akan digunakan
  • Mouse ditempatkan di posisi yang paling mudah untuk di jangkau
  • Atur pencahayaan ruang tempat kerja secara optimal mungkin
  • Buku, laporan, atau bahan cetakan lain yang dibutuhkan dalam bekerja dengan komputer, sebaiknya diletakkan didekat dengan monitor.

2. Posisi Monitor
Prosedur untuk bagian posisi monitor yang baik adalah sebagai berikut:


  • Mengatur monitor agar mata kita sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6 cm dibawah bagian casing monitor. Monitor yang terlalu rendah mengakibatkan leher dan pundak akan terasa nyeri bila mengguakan komputer dengan batas waktu yang lama
  • Aturlah posisi monitor sehingga jarak kita dengan monitor berkisar 50-60cm. Jika monitor terlalu dekat dapat mengakibatkan mata tegang, cepat lelah dan potensi gangguan pada penglihatan cepat atau lambat akan mengalami.
  • Atur level Brightness dan contras monitor senyaman mungkin, jangan terlalu redup, jangan terlalu terang. Ketika kondisi cahaya di rauangan kita berubah dan tidak merasa terganggu dengan cahaya, maka sesuaikan kembali brightness dan contrast monitor tersebut. Karena jika monitor warna terlalu terang akan menyebabkan mata menjadi silau, sedangkan warna yang terlalu gelap akan menyebabka mata sulit untuk membaca apa yang ditampilakan di layar monitor.
  • Bersihkan laya monitor scara periodik.

3. Posisi Keyboard
Untuk Posisi Keyboard yang baik adalah harus lebih rendah dari meja. Dimana monitor di letakkan dan lebih tinggi dari pinggang bawah kita, Letakkan keyboard di hadapan kita dan segaris dengan layar monitor untuk menghindari sakit dan tegang pada leher dab bahu kita.

Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar


4. Posisi Mouse
Sedangkan untu posisi mouse tempatkanlah mouse dekan dan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga kita dapat meraih dan menggunakannya tanpa harus merengangkan tangan keposisi yang berbeda (jauh dari jangkauan). Pertimbangkan untuk menggunakan scroll point mouse, sehingga gerakan dilayar dapat lebih mudah dilakukan. Selain itu gunakan mouse optik untuk memperoleh gerakan kusor yang lebih presisi. Jika kita bekerja sebagai serorang grafis sebaiknya gunkanlah jenis mouse ini.
Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar


5. Posisi Meja dan Kursi Komputer
Posisi yang kelima yang harus di atur adalah posisi meja dan juga posisi kursi komputer, karena meja dan kursi yang akan kita gunakan pada saat bekerja dengan komputer sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kita sendiri. Dimana meja yang terlalu tinggi akan menyebabkan leher kita menjadi sakit sedangkan jika kursi yang tidak baik akan membuat kita tidak nyaman dan akan cepat mudah lelah.


6. Posisi Printer
Suatu printer yang menimbulkan suara yang bising dapat menganggu kenyamanan pendengaran kita, sehingga apa bila suara printer yang menimbulkan kebisingan cukup tinggi, sebaiknya kita mengurangi dalam penggunaan printer. Salah satu printer yang menggunakan sistem ink-jet dan laser mmempunyai kebisingan yang relatif rendah bilda dibandingkan dengan printer sistem dot matrix. Bila kita mau menggunakan printer yang suara bisingnya cukup rendah, gunakanlah jenis lasert perinter.

Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar
Itulah tips singkat tengang Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar semoga memberikan manfaat dari kami dan dapat mengatur perangkat komputer yang kita miliki agar memberikan kenyamanan pada saat kita sedang bekerja menggunakan komputer.
loading...

0 Response to "Cara Mengatur Perangkat Komputer Dengan Baik Dan Benar"

Posting Komentar