Metode Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar

Galeri Guru - Metode  Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar - Menjadi seorang guru bukalah perkara yang mudah di dalam dunia pendidikan walapun memiliki gelar. Tidak sedikit seorang sarjana tidak bisa mengembangkan karakter sebagai seorang pendidik (Menjadi Guru) di lembaga pendidikan. Pada Akhirnya beralih profesi. Namun kadang ala walapun seseorang sudah sukses menjadi guru atau baru pertama kali terjun menjadi guru sehingga kekurangan gaya dalam mengajar kepada siswa di dalam kelas. Pada akhirnya siswa merasa jenuh dan bosan di dalam kelas.

Metode Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar

Dan kami disini hanya ingin berbagi pengalaman dan menjadi sumber inpirasi bagi siapapun yang dapat menyimak postingan kali ini. Yaitu kami akan membahas sedikit tentang Metode Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar. Banyak ragam cara mengajar agar siswa menjadi betah di dalam kelas asalkan tidak menjadi terlalu monotan dalam penyampaian materi kepada peserta didik.

Mengajar Itu Horisonal, Tapi Bukan Vertikal.
Kenapa mengajar dikatakan horisontal, tapi bukan vertikal, Karena kita mengetahui bahwa sifat mengajar yang horisontal berarti kita sebagai tentor (Guru) dapat menempatkan diri sama tinggi dengan siswa. Kalau kita berbicara sebagai oranng yang lebih dahulu tahu, Bukan lebih pintar, kita sebagai guru adalah mentransper ilmu bukan memberi ilmu. 

Ada kalimat yang patut kita perhatikan sebelum mengajar atau menyampaikan sebuah mayeri kepda siswa. Kalimatnya seperti ini " Saya berdiri di depan anda (siswa) sekalian bukan karena sya lebih pintar dari anda (siswa). Namun, karena saya mengenal ilmu ini lebih dahulu daripada anda. Mungkin suatu saat diantara kalian ada yang lebih mengerti ilmu dari pada saya.  Dan saya yakin itu suatu saat nanti akan hal itu"

Jelas sekali bahwa setiap kita (sebagai) guru merupakan orang yang memang lebih dulu memahami ilmu-ilmu sosial, ilmu keagamaan dan ilmu-ilmu yang lainnya. Tentu kita seteah menjadi seorang guru juga pernah memiliki seorang guru.

Kita kembali ke judul diatas, Dibawah akan kami uraikan secara ringkas tentang Metode Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar dibawah ini, dan apa bila ada kekurangan bisa menambahkannnya pada kolom komentar dibawah yang memang saodara ketahui.

Mengajar Itu Memberikan Motivasi - Artinya disini adalah bahwa dalam mengajar pastikalah selalu memberikan sebuah motivasi kepada siswa kita di dalam kelas pada saat akan di mulai belajar atau pada saat selesai proses belajar mengajar. Dan memberi motivasi itu sendiri dapat di lakuakan di seluruh waktu, dan dapat di lakukan di waktu-waktu yang terbaik dalam memberikan motivasi itu sendiri.

  • Motivasi awal pelajaran <<>> Untuk memberikan motivasi pada awal pelajaran KBM adalah dengan cara memberikan cerita seputar orang-orang sukses, atau memberikan tanya jawab kepada siwa tentang cita-cita mereka. Dengan memberikan motivasi di awal pelajaran KBM ini akan memacu siswa untuk belajar dengan serius pada saat mengikuti KBM dari awal sampai akhir KBM.
  • Motivasi Pada tengah pelajaran <<>> Sedangakan untuk motivasi di tengah pelajaran ini artinya seorang guru harus kreatif, biasanya kalau di tengah pelajaran bisanya siswa sudah mulai kurang fokus terhadap materi yang di pelajari dikelas. Salah satu hal yang dapat memotivasi kembali siswa belajar d dalam kelas adalah dengan memberikan Reward itu berupa makanan atau minuman, alat tulis ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Dan semua itu tergantung kekreatifan kita dan keadaan di sekolah dalam mengajar.
  • Motivasi di akhir Pelajaran <<>> Untuk yang terakhir ini adalah dengan memberikan Prieview pelajaran selanjutnya pada bagian yang menarik agar siswa penasaran pada saat sebelum kelas berakhir. Dimana hal seperti ini akan membuat siswa menjadi semangat untuk mengikuti pelajaran selanjutnya. Karena dengan sipat penasaran inilah senajata guru dalam membuat kelasnya menjadi di minati oleh siswa-siswi.
Pada dasarnya dalam mengajar terletak pada kekreatifan kita dalam mentransper ilmu kepada siswa agar siswa tidak merasa jenuh dalam menerima ilmu-ilmu yang di pelajari setiapa haria atau akitf sebagai peserta didik. 

Demikianlah kami informasikan tentang Metode Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar, semoga saja dengan apa yang sudah kami bagikan ini menjadi tambah-tambah ilmu, khususnya bai saya dan umumnya bagi penggunjug wesite kami galeriguru.net. Kami ucapakan terimakasih banyak, wassalam

loading...

0 Response to "Metode Mengajar Agar Siswa Termotivasi dalam Belajar"

Posting Komentar